Malam Refleksi Milad BKPRMI Ke-32

Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPD BKPRMI) Kota Banda Aceh,  mengadakan malam Refeksi Milad BKPRMI  Ke 32, Kamis, 3 September 2009 di Masjid Syekh Abdurrauf, Gampong Blang Oi, Banda Aceh. Dihadiri 50-an fungsionaris BKPRMI dan aktivis remaja masjid di Banda Aceh dan Aceh Besar. Acara berlangsung lepas shalat tarawih dalam bentuk dialog, dilanjutkan dengan tadarus Al-Quran dan sahur bersama.

Pada acara ini juga dihadiri oleh para mantan ketua BKPRMI diantaranya  Drs H Zaini Yusuf, mantan Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) BKPRMI Aceh periode pertama yang “berkuasa” 11 tahun (1982-1993), Drs H T Hasanuddin Yusuf MPd, Ketua DPW BKPRMI Aceh periode 1997-2002, Drs H Bustami Usman SH MSi, Ketua DPW BKPRMI Aceh dua periode 2003-2005 dan 2006-2009. Dalam dialog tersebut mereka menjadi pembicara kecuali Anwar Muhammad MSc yang tidak hadir karena berhalangan, beliau adalah ketua DPW BKPRMI Aceh periode 1993-1996.

 

Sedangkan Sayed Muhammad Husen (Sekretaris MPW BKPRMI periode 2006-2009) dan Tulus Sugianto menjadi pembicara terakhir sebagai pembanding narasumber sebelumnya. Setelah itu, dilanjutkan dengan dialog dan diskusi. Di antara peserta mengungkapkan perlu memperjelas latar belakang kebangkitan BKPRMI 3 September 1977 di Masjid Istiqamah, Bandung. Mereka mengharapkan, supaya setiap undungan mengikuti pelatihan supaya digilir lebih merata bagi setiap organisasi remaja masjid. BKPRMI perlu meningkatkan program baca tulis Al-Quran dengan memperbayak pelatihan dan mendorong pemerintah supaya melengkapi regulasi yang mendukung pembelajaran Al-Quran dalam masyarakat.
Saya mulai mengenal BKPRMI 1983 ketika mengikuti Pekan Oreintasi Remaja Masjid di Sabang. Sebagai kenangan tak ternilai dalam orientasi itu, saya diberi kesempatan membaca makalah Ketua Majelis Ulama Sabang, Tgk H AR Hasjim tentang peran generasi muda dalam memakmurkan masjid. Tahun 1994 baru menjabat sebagai pengurus DPW BKPRMI Aceh. Sebagai respon terhadap pernyataan Zaini Yusuf sebelumnya, saya mengatakan, “Saya pernah tak suka kepada BKPRMI, karena kami anggap mengganggu sikap PII yang menolak asas tunggal Pancasila era tahun 80-an.

(disarikan dari Tabloid Gema Btr, 11.09.09)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: