BKPRMI Harus Berperan Memakmurkan Masjid

Muhammad Nazar

BANDA ACEH – Jajaran pengurus dan anggota Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid (BKPRMI) di Aceh, diminta untuk meningkatkan perannya dalam upaya memakmurkan masjid di wilayahnya masing-masing. Karena selama ini fakta menunjukkan bahwa jumlah masjid diberbagai wilayah Aceh tak diimbangi dengan jumlah jemaahnya, terutama pada saat shalat lima waktu.

“Di Aceh, ada ribuan masjid, meunasah, dan musalla yang kondisi fisiknya sangat meugah, terutama setelah tsunami karena banyak bantuan yang dikucurkan. Namun, kita harus prihatin karena dibalik kemegahan fisik nyaris hampir seluruh masjid, meunasah, dan musalla di Aceh saat ini sepi jamaah,” kata Wakil Gubernur Aceh, Muhammad Nazar, saat membuka Musyawarah wilayah (Muswil) Ke-8 DPW BKPRMI Aceh, di Asrama Haji Banda Aceh, tadi malam.

Untuk itulah, Wagub meminta BKPRMI di seluruh Aceh untuk berperan lebih aktif lagi dalam upaya memakmurkan kembali masjid, meunasah, dan musalla di seluruh Aceh. Kepada peserta muswil, Wagub Nazar meminta selain terkonsentrasi untuk memilih ketua umum yang baru, juga harus merumuskan strategi apa yang dapat digunakan untuk memecahkan persoalan tersebut.

Nazar juga meminta BKPRMI untuk dapat ambil bagian dalam pelaksanaan syariat Islam di Aceh di tengah hiruk pikuknya arus globalisasi saat ini. Hal senada juga disampaikan Ketua Umum DPW BKPRMI Aceh, Drs Bustami Usman SH MSi. Dalam sambutannya pada pembukaan muswil tersebut, ia mengajak semua bupati/walikota di Aceh untuk bersama-sama melakukan gerakan memakmurkan masjid. Dengan demikian selain menjadi tempat ibadah kepada Allah SWT, lanjutnya, masjid juga akan menjadi pusat pendidikan dan peradaban masyarakat.

“Jika ini terjadi, maka secara lambat laun masyarakat Aceh akan lebih islami sehingga mau melaksanakan syariat Islam dengan penuh kesadaran, tanpa harus dipaksa,” kata Bustami yang juga Kepala Badan Pembinaan Pendidikan Dayah Aceh. Dalam acara yang dihadiri unsur muspida Aceh dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Aceh, Wakil Ketua DPRA, Sulaiman Abda, imam besar Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, tokoh ulama dan tokoh masyarakat, pimpinan Ormas/OKP, dan sejumlah undangan lainnya itu, turut memberikan sambutan Ketua DPP BKPRMI, Ali Mochtar Ngabalin.

Sementara itu, Ketua panitia, Drs H Nasruddin Ibrahim M Ag, dalam laporannya menjelaskan, muswil itu diikuti sekitar 200 peserta yang terdiri dari ketua DPD BKPRMI kabupaten/kota dan DPK BKPRMI dari 23 kabupaten/kota se-Aceh. “Selain untuk memilih ketua umum DPW BKPRMI Aceh periode 2009-2013, dalam muswil ini juga akan disampaikan laporan pertanggungjawaban (LPJ) pengurus periode lama, membahas program kerja BKPRMI empat tahun mendatang, serta akan dilakukan diskusi menyangkut tantangan dan perkembangan remaja masjid di masa yang akan datang,” jelasnya.(jal)

5 Tanggapan

  1. na’am shohih jiddan, pemuda remaja semestinya kembali ke masjid dan menghidupkan amalan masjid, salam kenal…link blog ini sudah kami pasang di blog kami, ditunggu balik pasang link’y, syukron katsiron

  2. kok BKPRMI sepi d dunia teknologi? pd hal pemeran’a kan dominan remaja/pemuda? mohon alamat e-mail BKPRMI Aceh.

  3. assalamualaikum, mhn bantunya kiranya dapat dikrmkan kepada kami lagy hymne BKPRMI krn kita ada acara pelantikan utk pertama kali di Kab. Buru – Maluku. terima kasih wasalamuaikum wr. wb krm ke azis@burukab.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: